085785081124 [email protected]

Hike Holic ataupun orang-orang sipil khususnya yang memiliki hobby traveling, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Gunung Bromo. Salah satu tempat yang menjadi tujuan wisatawan mancanegara di Indonesia.

Jika Anda punya banyak waktu di hadapan smartphone, laptop, ataupun komputer yang memiliki koneksi internet, tentunya tidak akan kesulitan mencari informasi untuk berwisata di Gunung yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini.
Dalam tulisan ini tourbromo.info ingin berbagi tips untuk Anda yang memiliki rencana berwisata ke Gunung Bromo.

1. Perlengkapan Pribadi
Kami mulai dari perlengkapan pribadi seperti:

  • Jaket untuk mengurangi hawa dingin pegunungan
  • Sarung tangan bisa dipakai sebagai tambahan pengurang rasa dingin
  • Sepatu sangat direkomendasikan karena wisata bromo termasuk kegiatan wisata alam bebas
  • Kaos kaki akan lebih mengurangi rasa dingin ketika dini hari
  • Obat-obatan pribadi

2. Perlengkapan Tim
Tentunya berwisata dengan keluarga, saudara, maupun teman-teman akan memberi kesan lebih saat berwisata. Namun jangan lupa membawa perlengkan tim seperti:

  • Senter bisa dipakai sebagai penerang ketika berjalan menuju spot wisata seperti Penanjakan 1 untuk melihat sunrise.
  • Alat masak seperti trangia akan sangat bermanfaat ketika Anda ada di spot seperti Penanjakan 1 ketika menunggu sunrise. Sebenarnya di kawasan penanjakan 1 banyak terdapat warung, namun daripada harus naik turun untuk membeli minuman hangat, lebih baik membuat sendiri di spot Anda menunggu sunrise.

3. Jalur Menuju Tempat Wisata
Banyak jalur untuk menuju tempat Wisata Bromo, seperti dari Malang lewat Tumpang (Jalur ini masih ditutup karena ada perbaikan di daerah Jemplang. Perkiraan akan dibuka kembali awal bulan 2016).

Dari Pasuruan Anda bisa lewat daerah Nongkojajar atau Warung Dowo menuju terminal Bromo lewat Tosari/Wonokitri.

Dari Probolinggo Anda bisa lewat jalan Wisata Air Terjun Madakaripura menuju Desa Sukapura.

Jika Anda menggunakan transportasi umum seperti bus, baik dari Kota Malang, Surabaya, Pasuruan, atau Kota-kota yang lain, Anda bisa turun di Terminal Bus Probolinggo.
Dari terminal lanjutkan perjalanan menuju tempat wisata bromo naik angkutan umum seperti elf.
Jika kurang tahu, Anda bisa bertanya ke orang-orang yang ada di sekitar termminal, kebanyakan pasti tahu. Tentunya tujuan Anda adalah untuk berwisata di Gunung Bromo lewat Cemoro Lawang.

4. Penginapan
Bagi Anda yang berencana menginap di tempat Wisata Bromo, saran kami untuk Anda yang ingin mendirikan tenda, penanjakan merupakan spot yang Kami sarankan.

Untuk yang ingin menyewa tempat penginapan, kami menyarankan kepada Anda untuk berangkat lewat jalur Probolinggo menuju Cemoro Lawang Sukapura agar jarak menuju spot untuk melihat sunrise lebih dekat.
Banyak penginapan yang bisa dipilih, tentunya untuk Anda yang tidak tahan air dingin harus memilih penginapan yang memiliki fasilitas air hangat. 😉

5. Transportasi Wisata
Untuk transportasi wisata saat berkeliling di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Anda bisa menyewa jeep.
Itu adalah cara yang sering dijadikan pilihan ketika Anda berwisata tidak menggunakan sepeda motor.
Bagi Anda yang menggunakan mobil pribadi, langsung saja menuju Paguyupan terminal sewa jeep bromo di kawasan ketika akan memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Atau jika takut kehabisan sewa jeep bromo, Anda dapat melihat informasi harga sewa jeep bromo di www.tourbromo.info dan melakukan reservasi sewa jeep bromo.